Gaji Perangkat Desa Setara PNS, Pemkab Sumenep Minta Pelayanan Ditingkatkan

  • Whatsapp
Moh. Ramli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumenep

Sumenep (14/2/2020) Portalpublik.id – Sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memastikan gaji Kepala Desa berikut perangkatnya setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan II A.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa, setara dengan PNS golongan II A, sudah di setujui oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Read More

” Penghasilan diatas 2 juta sudah di setujui oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR RI,” ungkapnya.

Ramli menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Sumenep telah mengatur dalam Peraturan Bupati (Perbup), kenaikan pendapatan penghasilan tetap Kades Beserta perangkatnya yang akan dialokasikan dari Alokasi Dana Desa (ADD).

“ Penghasilan tetapnya bervariasi, untuk Perangkat seperti Kaur dan Kepala Dusun saja penghasilannya minimal Rp. 2.022.000 per bulan, dan ditambah tunjangan iuran BPJS, dan tunjangan lainnya sesuai dengan kemampuan keuangan Desa ” tambahnya.

Ramli berharap dengan adanya kenaikan penghasilan tersebut, Kepala Desa dan para Perangkat Desa dapat meningkatkan kinerjanya.

” Pemberlakuan penghasilan tetap itu akan disesuaikan dengan hari dan jam kerja masing-masing Desa. yaitu mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.WIB,” pungkasnya, (Wd/Rahem/Ofa).