Operasi Pasar Jadi Opsi Sumenep Hadapi Efek Corona di Sektor Ekonomi

  • Whatsapp
Pedagang Sembako di Pasar Anom Baru Sumenep

Sumenep,(25/03/2020) portalpublik.id – Wabah virus Corona atau Covid-19 disejumlah daerah di Indonesia berimbas terhadap naiknya harga sejumlah komoditas di pasar tradisional, termasuk di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Sejak beberapa minggu terakhir lonjakan harga paling terasa di pasar Anom Baru Sumenep, ialah untuk komoditas gula dan rempah-rempah.

Read More

Menghindari kenaikan harga yang berimbas terhadap daya beli masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumenep memilih opsi menggelar operasi pasar.

” Minggu depan kita mulai itu (Operasi pasar). Sekarang kan sejumlah kebutuhan sudah naik seperti gula ” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi, Rabu (25/03/2020).

Menurut Edy Rasiadi, Pemerintah Daerah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 750 juta yang bersumber dari APBD 2020 untuk pelaksanaan operasi pasar dimaksud dan diupayakan menyasar semua kecamatan.

Saat ini sedang dilakukan pendataan mengenai komoditas yang paling menjadi kebutuhan masyarakat di setiap wilayah sehingga pendistribusian dapat tepat sasaran.

” Kita lakukan pendataan dulu pasar-pasar mana kesulitan karena tidak bisa langsung semua dipenuhi, mungkin pasar ini butuhnya beras terus pasar satunya gula ” terangnya.

Ia menyatakan, operasi pasar tersebut nantinya diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Sebab sekarang juga ada pembatasan kegiatan masyarakat sebagai bentuk pencegahan merebahnya virus Corona, (Yd/Hem/Fa).