Akhirnya Pelaku Pembakar Hutan Panderman Berhasil Diringkus Polisi

  • Whatsapp
Polisi mengamankan satu orang pelaku pembakar hutan/lahan Panderma beserta barang bukti.

KOTA BATU, portalpublik.id – Satuan Reserse kriminal (Satreskrim) Polres Batu berhasil menangkap pelaku pembakar hutan sisi Selatan Coban Putri Gunung Panderman petak 219 dengan koordinat -7.91613889, 112.533611 Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, guna untuk mempertanggung jawabannya pelaku kini dijebloskan ke sel tahanan Mapolres Batu.

Pelaku yang diketahui bernama Jainal 33 tahun warga asal Jalan Dewi Sartika, RT 3 RW 9, Kelurahan Temas, Kecamatan/Kota Batu ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis (25/7/2019) siang. Selain itu Polisi juga mengamankan barang bukti yang digunakan oleh pelaku melakukan pembakaran hutan.

Bacaan Lainnya

“Tersangka berinisial J warga asal Jalan Dewi Sartika, RT 3 RW 9, Kelurahan Temas, Kecamatan/Kota Batu, Selasa (23/7/2019) sekitar pukul 18.00 WIB kami amankan beserta barang bukti yang digunakan untuk melakukan pembakaran hutan,” Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Anton Widodo saat ditemui di Mapolres Batu, Kamis (25/7/2019).

Menurut Widodo, Pelaku ditetapkan sebagai tersangka karena melakukan pembakaran hutan milik Perhutani dengan sengaja yakni dengan motif membuka lahan baru. Tersangka melakukan pembakaran lahan seluas 1200 meter.

Dihadapan petugas, Jainal mengaku membakar hutan yang telah direncanakan satu bulan lalu itu tujuannya untuk menanaman singkong. Bahkan pelaku mengaku tahu jika lahan yang dibakar itu adalah milik Perhutani.

Dalam aksinya itu polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu sabit, satu gergaji, sarung tangan, korek api, satu kayu bekas terbakar, dan sepeda motor Jupiter Z Nopol N 3541 LU milik tersangka.

“Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 50 Ayat 3 di Junto 78 UU No 41 tahun 1998 tentang kehutanan dan Pasal 69 ayat 1 huruf h Junto ayat 108 tentang pengelolaan lingkungan hidup. Dengan ancaman penjara maksimal 10 tahun,” pungkasnya.(Aw).