Sosialisasikan Program ‘Jaksa Masuk Laut’, Ini yang Dilakukan Kajari Abdya

  • Whatsapp
Kajari Aceh Barat Daya (Abdya), Abdul Kadir, SH.MH dan rombongan saat antri menaiki perahu  dipulau gosong dan melihat terumbu karang dilokasi setempat.

ABDYA, portalpublik.id – Kejaksaan negeri Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan sosialisasi dan tata kelola pantai serta penyuluhan hukum pada masyarakat diwilayah pesisir pantai melalui program Jaksa Masuk Laut (JML).

Sebelumnya, Kajari Abdya mempunyai beberapa program unggulan, diantaranya, Program Jaksa masuk sekolah (JMS), Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), dan Penyuluhan hukum.

Kajari Abdya Abdul Kadir, SH., MH, Minggu (30/6/2019) didampingi dinas kelautan dan perikanan, serta BPBK Abdya menyisir daerah pantai dan memantau pergerakan aktivitas para nelayan di daerah pantai Kecamatan Susoh Kabupaten setempat.

“Tujuan dari program Jaksa masuk laut yaitu untuk melakukan penyuluhan hukum di daerah pesisir dan memantau aktivitas nelayan serta kebersihan pantai,” kata Kajari Abdya Abdul Kadir.

Lanjutnya, dengan program JML tersebut kita akan memberikan pencerahan bagaimana nantinya hukum bisa berjalan dengan baik, pemahaman, pengertian kepada masyarakat agar dilaksanakan sesuai aturan – aturan yang berlaku.

“Kita harapkan dengan kerja sama unsur pemerintah dan masyarakat di wilayah pantai Abdya, tindak pidana hukum dilaut bisa kita cegah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, mengatakan, program JML tersebut sangatlah baik untuk dilakukan, dengan demikian daerah pesisir Pantai Abdya bisa terpantau dan masyarakat sadar akan hukum dan tata kelola laut dengan baik.

“Kita khususnya dinas BPBK sangat mendukung program JML yang dilakukan oleh Kajari Abdya, dan kita siap apabila dibutuhkan bantuan dan armada lainnya,” ujar Amirudin.

Pantauan awak media, dari pantai PPI ujung serangga, Kajari Abdya Abdul Kadir bersama rombongan menuju pulau gosong dan melihat terumbu karang, dilanjutkan dengan sosialisasi ditempat penjualan ikan bersama nelayan.(Nz)