Tim Cobra Ringkus Maling Sapi di Halaman Mapolda Jatim

  • Whatsapp
Tim Cobra saat menangkap maling sapi di halaman Mapolda Jatim.

LUMAJANG, portalpublik.id – Tim cobra Polres Lumajang yang dipimpin AKP Hasran Cobra tangkap pelaku pencurian sapi di halaman Mapolda Jatim. Ternyata ini adalah sebuah simulasi yang dilakukan dalam rangka lomba demo standar kemampuan fungsi Reskrim yang diselenggarakan oleh Ditreskrimum Polda Jatim. Kegiatan ini diikuti semua jajaran Reskrim di tiap Polres se Polda Jatim.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat membuka lomba mengatakan, beberapa hal yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah olah TKP dan upaya paksa dengan peserta dari Direktorat Reskrim dan Sat Reskrim Jajaran.

“Presiden Jokowi ingin Indonesia mempunyai SDM unggul demi Indonesia yang maju. Dari sini kami mengambil pelatihan terutama masalah olah TKP,” kata Luki.

Polres Lumajang yang hadir, menampilkan Tim Cobra yang sudah terlatih dan teruji kemampuannya, tampil didepan juri dengan persiapan yang matang. Tim Cobra menampilkan upayah dalam mengungkap pencurian sapi dengan metode yang tidak biasa digunakan oleh Polres-Polres lainnya, yakni penggunaan drone, pemanfaatan unit K9 serta pemberdayaan sistem keamanan yang telah dibentuk Kapolres Lumajang yang disebut Satgas Keamanan Desa (SKD).

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengungkapkan kalau soal ketrampilan dan kemampuan, Tim Cobra sudah teruji dalam pengungkapan berbagai kasus kriminalitas di wilayah hukum Polres Lumajang.

Dan Tim Cobra telah unjuk kebolehan dalam ajang perlombaan antar Polres se Polda Jawa Timur, untuk menunjukan siapa yang terbaik dalam demo standart kemampuan fungsi Reskrim.

“Saya yakin Tim Cobra mampu menjuarai perlombaan ini, karena Tim Cobra sudah saya bekali dan sering saya latih agar dapat mengungkap berbagai bentuk tindak kriminalitas,” jelas AKBP Arsal.

Katim Cobra Polres Lumajang, AKP Hasran menambahkan kalau rekan-rekannya, sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memukau para juri.

“Penampilan yang dilakukan juga sudah totalitas dimana kami menunjukan pemanfaatan cara yang unik dalam mengungkap kasus pencurian sapi di Lumajang. Sekarang penilaian tinggal dari para juri, dan saya optimis bahwa Polres Lumajang akan menjuarai ajang perlombaan ini,” ujar Hasran.(Fd).