Bantu Siswa Mendapatkan Informasi Perguruan Tinggi, MGBK Bersama AKFAR Putra Indonesia Malang Gelar Pameran

  • Whatsapp
Memakai Kalaung, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat mengunjungi Pameran Pendidikan, Kewirausahaan & Gebyar Kreatifitas Siswa se-Kabuapten Sumenep.

SUMENEP, portalpublik.id – Dalam rangka membantu siswa dalam mendapatkan informasi perguruan tinggi bagi yang mau melanjutkan dan juga sebagai ruang bagi perguruan tinggi dalam mensosialisasikan program studinya, sejumlah guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bekerjasama dengan Akademi Farmasi (AKFAR) Putra Indonesia Malang, menggelar Pameran Pendidikan Tinggi & Profesi, Pameran Kewirausahaan & Gebyar Kreativitas Seni di Gedung Adi Podai Sumenep, Senin (18/11).

Pameran ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Sumenep, Sugiono Eksantoso, Kapolsek Kota, perwakilan pengadilan agama, serta anggota Forkopimda Kabupaten Sumenep.

Rudi Suandono, Ketua pelaksana Pameran Pendidikan mengatakan bahwa, Pameran Pendidikan ini merangkum tiga acara jadi satu sajian, diantaranya, Pameran Pendidikan Tinggi & Profesi, Pameran Kewirausahaan & Gebyar Kreativitas Seni.

Acara ini selain diikuti kurang lebih 65 perguruan tinggi negeri maupun swasta se Jawa, juga diikuti 5.000 sampai 6.000 siswa se Kabupaten Sumenep, hususnya kelas dua belas.

Pameran yang digelar kali ini menyuguhkan beberapa macam suguhan dengan tujuan untuk mempermudah peserta didik untuk mendapatkan informasi perguruan tinggi bagi yang akan melanjutkan ke jenjang bangku kuliah.

“Pameran Pendidikan ini selain bertujuan untuk membantu siswa dalam mendapatkan informasi perguruan tinggi bagi yang mau melanjutkan, juga sebagai ruang bagi perguruan tinggi dalam mensosialisasikan program studinya,” kata Rudi, kepada wartawan saat ditemui usai acara.

Rudi mengatakan, acara ini agak berbeda dari sebelumnya dari konsep acara yang sedemikian rupa berbeda dari tahun- tahun sebelumnya.

“Pameran pendidikan ini tentu sebagai salah satu cara bagi siswa dalam menambah wawasan, mengerti, dan memahami dalam mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi,” tutur pria yang biasa disapa Ust. Rudi itu.

Alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep ini juga menyampaikan, dalam pameran ini juga ada pameran kewirausahaan yang merupakan wadah untuk menjual produk unggulan dari setiap sekolah, hasil dari kreatif dan inovasi bisa dipasarkan.

“Tak kala menariknya juga bisa disaksikan Gebyar kreativitas Seni yang merupakan ruang untuk menampilkan potensi dan juga bakat yang sudah mendapatkan juara dipentaskan lagi pada acara ini,” pungkasnya.

Pantauan dilokasi pameran, ribuan siswa khususnya kelas dua belas yang ada di Kabupaten Sumenep baik sekolah negeri maupun swasta, terlihat memadati Gedung Adi Podai sejak pagi guna mengikuti setiap rangkaian agenda yang digagas MGBK, SMA/SMK/MA Negeri maupun Swasta se Kabupaten Sumenep.(Am).