Dana Desa 2020, Sumenep Diprioritaskan Atasi Covid-19

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Moh. Ramli

Sumenep, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep pada tahun 2020 ini mengalihkan pemanfaatan Dana Desa untuk penanggulangan virus Corona.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Muhammad Ramli menjelaskan, pengalihan fungsi itu sebagai tindak lanjut arahan Kemendagri, Gubernur Jawa Timur dan Bupati Sumenep.

Read More

“Tahun ini Dana Desa memang untuk penanggulangan Corona. Dana itu nanti dimanfaatkan masing-masing desa untuk kegiatan pencegahan,” kata Muhammad Ramli, Selasa (31/3/2020).

Agar arahan dimaksud dapat dijalankan seluruh desa, DPMD juga telah membuat Surat Edaran yang berisi dalam penyusunan APBDes diwajibkan ada kegiatan penanganan Corona.

“Dalam penyusunan APBDes khususnya yang bersumber dari Dana Desa wajib hukumnya untuk menganggarkan,” tegas mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep ini.

Lanjut Ramli, bagi desa yang sudah melakukan penyusunan APBDes untuk dapat melakukan penggeseran program. Sehingga saat dana yang bersumber dari APBN tersebut keluar dapat langsung dimanfaatkan.

Ia berharap, semua desa dapat menjalankan arahan agar upaya antisipasi dan penanggulangan virus Corona dapat menyeluruh di Kabupaten Sumenep.

“Kalau Dana Desa saat ini memang yang menjadi prioritas penggunaannya untuk penanganan Corona,” pungkasnya, (Yd/Hem/Fa).