Lawan Covid-19 PP. Tahfidzul Qur’an Al-Karimiyyah Puteri Galang Dana melalui Sedekah Jumuah Caring

  • Whatsapp
Para santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Alkarimiyah (PTAL), Beraji, Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona. Salah-satunya seperti yang dilakukan oleh para santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Karimiyyah (PTAL), Beraji, Sumenep Jawa Timur.

Ditengah pandemi Covid-19 mereka menyumbangkan sebagian uang jajan mereka, untuk dibagikan para tenaga medis yang sedang berjuang merawat para pasien terinveksi covid-19.

Read More

Pengasuh PTAL Beraji dr. Ny. Hj. Virzannida Busyro mengatakan setiap kamis malam atau malam jumat, seluruh Santri Puteri diwajibkan menerapkan sedekah melalui Jumuah Caring, yaitu setiap santri puteri diwajibkan untuk bersedekah dengan jumlah nominal berapapun.

“ Para santri PTAL Puteri setiap malam jumat wajib menyisihkan uang jajan mereka untuk disedekahkan, terserah dengan nominal berapapun, seratus rupiah, seribu rupiah dan sebagainya ” kata dr. Ny. Hj. Virzannida Busyro.

Lebih jauh dr. Ny. Hj. Virzannida Busyro menjelaskan, para santri di PTAL Beraji selain mereka sekolah dan menghafal Alqur’an, juga dilatih untuk peduli terhadap sesama, dimana cara seperti itu masih jarang dilakukan oleh Pesantren lainnya.

“ Jadi Jumuah Caring ini sudah sejak lama kami berlakukan pada santriwati yaitu sudah sejak setahun lalu, setiap jumat para santriwati wajib bersedekah, biasanya kami salurkan kepada anak yatim, janda dan fakir miskin yang ada di daerah dekat pesantren, sekarang sejak adanya pandemi corona, kami memutuskan bahwa uang sedekah ini akan kami salurkan pada para tenaga kesehatan yang membutuhkan yang ada di garis terdepan ” pungkasnya, (Db/Hem/Fa)