Pelindo III Lakukan Rapid Test Massal di Pelabuhan Kalianget

  • Whatsapp
Pelindo III saat Lakukan Rapid Test Massal di Pelabuhan Kalianget.

Sumenep, portalpublik.id – Upaya memutus mata rata rantai penyebaran virus Corona, Pelindo III bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep melakukan rapid test kepada semua calon penumpang kapal di Pelabuhan Kalianget.

Hari pertama, calon penumpang kapal yang dilakukan rapid test ialah tujuan Pulau Raas dan Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Read More

General Manager PT Pelindo III Kalianget Retno Pujianto mengatakan, rapid test gratis ini menyasar penumpang kapal antar pulau yang akan berangkat dari Pelabuhan Kalianget.

“Sasaran kita penumpang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Kalianget semua tanpa terkecuali. Kita harap masyarakat dapat menerima,” kata Retno Pujianto saat memantau pelaksanaan rapid test di Pelabuhan Kalianget, Rabu (3/6/2020)

Dari total 50 ribu pcs alat rapid test untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, di Pelabuhan Kalianget disediakan sekitar 3.500 pcs.

Dijelaskan, jika dalam rapid test ada yang reaktif penanganan selanjutkan diserahkan kepada Dinas Kesehatan.

“Kalau nanti masih ada kita juga peruntukkan bagi masyarakat di sekitar pelabuhan. Kita targetnya di Pelabuhan Kalianget 3.500 pcs,” jelasnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Kusmawati menginginkan pelayanan rapid test gratis ini dapat dimanfaatkan oleh calon penumpang kapal.

Menurutnya apa yang dilakukan Pelindo III menjadi bagian dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Sumenep.

“Jika ada yang reaktif nanti kita tindaklanjuti. Kalau tidak ada ini (rapid test) kita tidak tahu mana calon penumpang yang reaktif. Dengan langkah ini kita bisa melakukan penanganan lebih awal,” ucap Kusmawati.

Pelayanan kesehatan berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus Corona ini tidak hanya menyasar calon penumpang kapal, karena jika alat rapid test masih tersedia maka akan diperluas ke masyarakat sekitar Pelabuhan Kalianget, (Yd/Hem/Fa).