Cegah Siswa Terpapar Corona, Sumenep Terapkan MPLS Online

  • Whatsapp
Dewan Guru SMP Negeri 2 Sumenep saat melaksanakan sistem daring dalam MPLS.

Sumenep, portalpublik.id – Imbas pandemi Covid-19, Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran baru 2020/2021 secara online atau daring.

Salah sekolah yang menerapkan MPLS daring yaitu SMP Negeri 2 Sumenep. Tujuannya untuk menghindari siswa terpapar virus Corona.

Read More

Kepala SMP Negeri 2 Sumenep, Nanik Mujiati mengatakan, sistem daring dalam MPLS sesuai dengan ketentuan Dinas Pendidikan.

“MPLS dilakukan secara daring untuk menghindari segala kemungkinan berkaitan dengan Covid-19,” kata Nanik Mujiati, Senin (13/7/2020).

Dijelaskan, ketentuan ini sudah disiapkan jauh hari sebelumnya, sehingga saat pelaksanaan tidak ada kendala dan semua siswa dapat mengikuti.

“Ketika pendaftaran ulang kita sampaikan kepada orang tua siswa bagaimana cara-cara bergabung dalam MPLS daring ini,” paparnya.

Terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Muhammad Saidi menuturkan, semua sekolah di daerahnya memang harus melaksanakan MPLS secara online.

“Sesuai aturan Kemendikbud daerah yang zona merah Covid-19 tidak boleh ada aktivitas tatap muka,” ucap Muhammad Saidi.

Meski dalam kegiatan pendidikan bagi siswa menerapkan sistem jatak jauh namun untuk guru tetap masuk ke sekolah seperti biasa.

“Kalau kita menerapkan per kecamatan. Karena di daratan memang kecamatannya zona merah maka tidak boleh,” paparnya.

Lanjut Saidi, untuk bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, syarat yang mutlak dipenuhi ialah harus dengan status zona hijau. Bukan untuk kabupaten melainkan tingkat kecamatan. (Yd/Hem/Fa)