Hari Pertama Sekolah, SMP/SMA di Abdya Terapkan Tatap Muka

  • Whatsapp
kepala sekolah SMP Negeri Yayasan Babul Istiqamah Abdya Miswar Spd

Abdya, portalpublik.id – Seluruh siswa jenjang SMP dan SMA sederajat diwilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai kembali ke sekolah, Senin (13/7/2020).

Meski menerapkan tatap muka namun dalam pelaksanaannya dilakukan berbeda yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan maksimal.

Salah satu lembaga pendidikan yang mulai menerapkan belajar secara tatap muka ialah SMP Negeri Yayasan Babul Istiqamah.

“Belajar tatap muka ini mengikuti protokol kesehatan. Setiap siswa dicek suhu tubuh, sekolah menyediakan masker, dan menerapkan jaga jarak, tempat cuci tangan serta membatasi jumlah siswa dalam satu kelas,” ujar Kepala SMP Negeri Babul Istiqamah, Miswar, Senin (13/7/2020).

Miswar menuturkan, hari pertama aktifnya siswa kesekolah pihaknya fokus masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Salah satu isinya sosialisasi tentang protokol kesehatan dan menjaga diri agar tidak tertular Covid-19.

“Untuk masa orientasi dan sosialisi ini kita terapkan selama tiga hari, yang nantinya akan dilanjutkan dengan belajar mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang ditentukan,” jelas Miswar.

Kepala Dinas Pendidikan Abdya Jauhari membenarkan bahwa siswa SMP dan SMA sederajat mulai belajar dengan sistem tatap muka.

“Ini etelah dirumahkan sejak 16 Maret 2020 hingga pada hari ini siswa kembali kesekolahnya,” ucap Jauhari.

Belajar tatap muka pertama ini, baru berlaku untuk SMP dan SMA sederajat saja, sementara SD sederajat dan di bawahnya masih belum diberlakukan.

Pihaknya memastikan akan terus memantau berjalannya proses belajar tatap muka dimasa pandemi Covid-19 agar tidak ada siswa terjangkit.

“Protokol kesehatan menjadi hal penting dalam menjalankan proses belajar tatap muka dimasa seperti ini. Sekolah tentu harus siap menyediakan fasilitas pendukung,” tandasnya. (Robi/Hem/Fa)