KBM SMP dan SMA di Kepulauan Sumenep Segera Diaktifkan

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Sumenep, A. Busyro Karim

Sumenep, portalpublik.id – Kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka pada jenjang SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Sumenep segera diaktifkan setelah beberapa bulan diterapkan belajar dari rumah.

“Jadi ini kebijakan untuk SMA dan SMP,” kata Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim, Rabu (1/7/2020).

Bacaan Lainnya

Lanjut Bupati, kebijakan membuka aktifitas belajar pada jenjang pendidikan dimaksud hanya dikhususkan untuk yang berada di wilayah kepulauan dengan status zona hijau Covid-19.

Ada empat syarat yang harus dipenuhi berkaitan dengan kebijakan membuka kembali KBM SMP dan SMA sederajat. Diantaranya berada di zona hijau, bisa menerapkan tatanan kehidupan baru, mendapatkam izin orang tua siswa dan izin Pemerintah Daerah.

“Ini hanya untuk di kepulauan kecuali Talango. Karena Talango zona merah. Jadi Itu baru ditingkat kebijakan saya masih harus tahu persiapannya. Kalau sudah siap dengan ketentuan tatanan kehidupan baru bisa dibuka,” tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Carto mengaku siap melaksanakan ketentuan membuka kembali lembaga pendidikan di kepulauan.

“Kalau yang dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep sudah siap. Jadi kenapa di kepulauan karena semua siswa asal daerah setempat,” ucap Carto.

Untuk guru asal daratan yang mengajar di kepulauan, Carto menyebutkan segera membuat jadwal rapid test. Sehingga semuanya dapat dipastikan aman dari Covid-19.

“Jadi harus memenuhi empat syarat itu dulu. Kalau guru nanti kita rapid test dulu oleh Dinas Kesehatan,” paparnya.

Untuk sekolah pada wilayah daratan masih bakal menerapkan pembelajaran secara daring atau siswa belajar dari rumah. Ini karena terkendala dengan status zona merah Covid-19. (Yd/Hem/Fa)