Siswa Tak Punya HP Pintar, Seorang Guru di Sumenep Keliling untuk Mengajar

  • Whatsapp
Avan Fathurrahman, Guru SDN Batuputih Laok saat Mengajar di Rumah Muridnya.

Sumenep, portalpublik.id – Ditengah kebijakan Pemerintah agar siswa belajar dari rumah, membuat tenaga pendidik di Kabupaten Sumenep harus lebih kreatif.

Agar siswa tetap dapat mendapatkan materi pelajaran karena terkendala fasilitas seperti laptop dan smartphone, Avan Fathurrahman guru SD Negeri Batuputih Laok III, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep memilih berkeliling untuk mengajar.

Read More

“Awalnya kegiatan belajar mengajar saya coba menggunakan HP tapi tidak berjalan sesuai harapan karena siswa rata-rata tidak punya smartphone,” ungkap Avan Fathurrahman, Minggu (19/4/2020).

Ia juga pernah memberikan materi pelajaran ke nomor telepon orang tua siswa namun kendala serupa juga terulang. Sehingga ia memilih turun langsung agar siswa dapat mengenyam pendidikan.

“Orang tua siswa kebanyakan bekerja di sawah jadi jarang ada di rumah. HP orang tua siswa juga HP biasa,” imbuhnya.

Dalam memberikan pelajaran dengan metode kendatangan setiap rumah siswa, Avan tidak memberikan jadwal melainkan secara acak. Tujuannya agar siswa tetap ada di rumah selama masa pandemi virus Corona.

Diakui, meski dirinya sebagai guru kelas VI namun pemberian pelajaran dengan mendatangi setiap rumah juga dilakukan untuk siswa kelas lain.

“Sebelum berkeliling saya sempat khawatir bertentangan dengan arahan Pemerintah. Namun tidak ada jalan lain kalau tidak seperti ini sulit memberikan materi pelajaran,” jelas Avan.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Abd Kadir mengungkapkan, dalam kebijakan siswa belajar dari rumah memang ada sejumlah kendala fasilitas penunjang.

“Kendala kita ialah tidak semua siswa punya smartphone dan juga jaringan internet belum tersedia merata,” kata Abd Kadir.

“Saat ada arahan siswa belajar dari rumah kita mendapat masukan dari para guru bagaimana jika siswa tidak punya hp pintar jadi kita minta guru menyesuaikan,” terang Kadir.

Mengenai guru memberikan materi belajar ke setiap rumah siswa, untuk di Kabupaten Sumenep memang banyak yang melakukan termasuk salah satunya Avan Fathurrahman.

“Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan guru dengan kendatangi rumah siswa termasuk Pak Avan ini,” terangnya.

Dikatakan, langkah yang dilakukan guru dengan memberikan pelajaran melalui metode dari rumah ke rumah menjadi inspirasi karena ditengah pandemi virus Corona setiap siswa tetap mendapatkan pendidikan yang baik, (Yd/Hem/Fa).