2022, Bupati Baddrut Tamam Janji Jadikan Pamekasan Lebih Baik

  • Whatsapp
Bupati Pamekasan menerima penghargaan sebagai kabupaten Inofatif

Pamekasan, portalpublik.id – Bupati Kabupaten Pamekasan, Jawa timur, Baddrut Tamam berkomitmen menjadikan Pamekasan lebih maju dengan selogan Desa Makmur Pamekasan Hebat.

Tujuan Desa Makmur Pamekasan tidak luput dari lima prioritas Bupati yang sudah berjalan selama tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Lima Preoritas Tersebut diantaranya, ada dua ribu orang anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang kita kerjasamakan dengan pesantren yang kita mondokkan, kita biayai dalam setiap bulan ada Rp 500 ribu per santri dalam 1 tahun membutuhkan anggaran Rp 15,9 milyar untuk santri dan beasiswa santri,” kata Baddrut Tamam, Sabtu, (1/1/2022).

Selain itu juga, Ada Rp 18,5 milyar untuk kesejahteraan guru non PNS yang meliputi intensif guru TK dan Paud, intensif guru SD, SMP, guru K2, Intensif guru kelas, intensif penjaga sekolah dan sertifikasi guru tanpa pungutan.

“Dari anggaran yang ada, orientasi kita mendorong bagaimana pendidikan di kabupaten Pamekasan ini bisa mengantarkan anak-anak kita menjadi generasi yang senantiasa berharap dan memiliki cita-cita untuk menjadi pemimpin masa depan,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, dibidang beasiswa kedokteran dan beasiswa dibidang Polri yang pihaknya sudah bekerjasama di lembaga Polri.

“Anggaran yang kita dorong untuk fasilitasi anak anak kita untuk lulus di Polri. Ada 15 orang yang lulus. Ada 4 orang calon dokter yang kita biayai,” tandasnya.

Di samping itu, ada Rp 4,3 milyar dana hibah yang kita dorong untuk kemajuan dan kemandirian pesantren dan yayasan. Alhamdulillah di sector pendidikan kita melampaui batas rencana yang ingin kita lakukan di tahun 2021.

“Dibidang kesehatan Alhamdulillah program call care terus menjadi program yang  banyak diminati oleh masyarakat. Konsultasi kesehatan, layanan kesehatan bisa berjalan dengan  baik,” ucap Baddut Tamam.

Baddrut melanjutkan, Dibidang infrastruktur ada hampir  Rp 67,1 milyar peningkatan infrastruktur dengan panjang jalan hampir 40 KM  sudah kita selesaikan di tahun 2021. Poros yang menjadi perhatian kita di tahun 2021 adalah poros Pegantenan Batumarmar serta pangereman menuju Palengaan.

“Poros ini memang menjadi perhatian kita disamping beberapa poros yang lain sedang digarap oleh kita yang orientasi keseluruhannya adalah membangun jalan yang berkeadilan, jalan yang berkesejahteraan, jalan yang merekatkan layanan pemerintah di kecamatan dengan kabupaten,” tambahnya.

Baddrut Tamam menambahkan, Dibidang reformasi birokrasi seperti yang biasa, jabatan bagi saya hanya alat pengabdian, alat perjuangan, jabatan bagi kita semua menjadi bagian dari kendaraan, memberikan kebaikan kepada rakyat, membawa hal hal positif bagi perubahan dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Di bidang social, kita memberikan makanan misalnya satu hari 2 kali untuk lansia sebatang kara. Kita anggarkan Rp 2,8 milyar untuk simpati lansia, dan Rp 5.3 milyar untuk  program Wira Usaha Baru (WUB),” paparnya.

Sementara, Strategi desa tematik menjadi bagian dari strategi kita untuk mendorong bagaimana makmur itu datang dari bawah. Makmur sejahteran dari desa.

“Makanya tema pembangunan Pamekasan di tahun 2022 adalah “Desaku makmur Pamekasan hebat “ , dengan  dorongan itu semua harapan kita, tahun 2022 kita akan bisa dorong kesejahteraan serta kegiatan yang lebih masif lagi untuk memberikan yang terbaik,” harapnya.

Di bidang layanan, misalnya,  kita memberikan inovasi inovasi di Mall Pelayanan Public (MPP).

“Sebagian layanan ada yang membuat warga tidak usah turun dari kendaraan untuk bisa mendapatkan layanan, seperti yang kita kemaren buka yaitu MPP di Mall Pelayanan Public,” tandasnya.

Pihaknya berharap, mudah-mudahan tahun baru itu tidak usah diisi dengan kegiatan yang menjauhkan diri dari etika local wisdom yang kita miliki.

“Besar harapan saya, ayo kita isi tahun baru dengan  kegiatan yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, kepada kehidupan yang nyata, dengan berdzikir, memohon pertolongan kepada Allah, semoga di tahun 2021 hal hal yang kurang baik bisa kita perbaiki di tahun 2022,” pungkasnya. (Efita/Yd/Hem)