4 Pasien Transmisi Lokal Bertambah, Total 16 Kasus Positif Covid-19 di Sumenep

  • Whatsapp
Ferdiansyah Tetrajaya, Humas Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Kasus terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, kembali bertambah. Jika sebelumnya ada 12 kasus, per tanggal 4 Juni 2020 menjadi 16 kasus setelah ada tambahan 4 pasien baru.

Humas Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, 4 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu semuanya berasal dari wilayah Kecamatan Kota.

Read More

“Kembali di Kabupaten Sumenep terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif virus Corona. Ada 4 pasien baru jadi di Sumenep menjadi 16 kasus,” kata Ferdiansyah Tetrajaya, Kamis (4/6/2020).

Bedasarkan penelurusan semua pasien dimaksud terjangkit dari pasien positif sebelumnya. Dengan kasus ini untuk di Kabupaten Sumenep sudah terjadi transmisi lokal atau penularan di dalam wilayah.

“Semua pasien baru ini hasil swab di Kabupaten Sumenep. Jika sebelumnya yang positif terjangkit di luar kota sekarang Sumenep sudah terjadi transmisi lokal terjangkit dari pasien sebelumnya,” ungkap pria yang juga menjabat Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep.

Lanjut Frediansyah sekarang 4 pasien baru itu telah menjalani isolasi di RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep.

Petugas berwenang saat ini juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah empat pasien konfirmasi Covid-19 untuk mencegah terjadinya penyebaran.

“Kita juga berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait supaya penyebarannya tidak semakin meluas termasuk deteksi kepada orang yang melakukan kontak erat dengan pasien,” pungkasnya.

Sesuai data Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, dari 16 kasus virus Corona empat pasien sebelumnya telah dinyatakan sembuh. Sementara 12 orang menjalani perawatan medis di rumah sakit, (Yd/Hem/Fa).