4 Warga Positif Covid-19, Sumenep Sandang Status Zona Merah

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat menggelar konferensi pers di media center pencegehan dan penanganan Covid-19.

Sumenep, portalpublik.id : Empat warga Kabupaten Sumenep terkonfirmasi positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Mereka dinyatakan positif setelah keluar hasil swab test dari lab di Surabaya.

Bupati Sumenep Busyro Karim dalam konferensi pers mengatakan, empat warga yang positif Covid-19 merupakan mereka yang sebelumnya mengikuti pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya mereka mengikuti pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia di Surabaya,” kata Busyro Karim di aula Media Center Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Jumat (24/4/2020) malam.

Diungkapkan, sebelumnya ada sembilan orang yang ikut pelatihan dimaksud dan semuanya telah dilakukan rapid test dan hasilnya lima orang positif. Kemudian dilanjut swab tes menunjukkan hanya empat terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang lima itu telah dilakukan karantina setelah dilakukan tes cepat. Hasilnya positif. Kita lanjut swab test. Dari lima orang terdapat empat orang yang positif Corona,” jelasnya.

Lanjut Bupati, empat orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah dirawat di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Dengan adanya kasus pertama Covid-19 ini merubah status Kabupaten Sumenep dari zona hijau menjadi Zona Merah Covid-19.

“Ini tentu mengejutkan kita semua. Upaya pencegahan telah kita lakukan dengan memeriksa semua orang yang masuk Sumenep ternyata kita jebol ditengah,” ucap Busyro Karim.

Upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep melakukan pengawasan terhadap keluarga masing-masing pasien, (Yd/Hem/Fa).