60 Persen Wilayah Sumenep Berstatus Zona Hijau Covid-19

  • Whatsapp
Peta Sebaran Covid-19 Sekabupaten Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Perkembangan jumlah wilayah yang berstatus zona hijau Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terus meluas. Dari 27 kecamatan, sekarang 16 wilayah diantaranya telah berstatus zona hijau. Sedangkan zona kuning tersisa 9 kecamatan dan 2 lainnya zona orange.

“Sudah lebih dari separuh wilayah Kabupaten Sumenep berstatus zona hijau. Dari 27 kecamatan per tanggal 31 Agustus 2020 ada 16 kecamatan zona hijau,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono, Rabu (2/9/2020).

Bacaan Lainnya

Ia menyatakan, banyaknya kecamatan yang telah berubah menjadi status zona hijau Covid-19 karena adanya tren kesembuhan pasien yang terus meningkat.

“Kita terus gencarkan melakukan penyisiran terhadap siapa saja yang melakukan kontak erat dengan pasien. Jadi bisa dilakukan pencegahan awal,” paparnya.

Agus Mulyono mengingatkan, meski terjadi perubahan status zona ke arah lebih baik namun masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab kedisiplinan menjadi kunci utama memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Disiplin protokol kesehatan adalah kunci untuk pencegahan. Jadi saya tekankan bahwa masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya,” tegas Agus Mulyono.

Sesuai data Dinas Kesehatan, untuk jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep sebanyak 301 kasus. Dari angka tersebut 252 orang terkonfirmasi selesai isolasi atau dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia, (Yd/Hem/Fa).