Abai Prokes, Ratusan Pengendara di Sumenep Terjaring Operasi Yustisi

  • Whatsapp
Operasi Yustisi yang berpusat di depan Makodim 0827 Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, petugas gabungan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar Operasi Yustisi besar-besaran.

Operasi Yustisi yang berpusat di depan Makodim 0827 Sumenep ini melibatkan unsur TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan dan Satpol PP.

Read More

Kapolres Sumenep, AKBP. Darman mengungkapkan, dalam razia protokol kesehatan yang dilakukan kali ini ada seratus lebih warga yang terkena sanksi.

“Kenapa kita lakukan operasi ini secara masif karena kasus Covid-19 di Kabupaten Sumenep masih tinggi,” kata AKBP Darman, Selasa (22/12/2020).

Darman menyatakan, sebagai dasar operasi ini ialah Peraturan Bupati Kabupaten Sumenep untuk mencegah dan pengendalian Covid-19. Dalam ketentuan itu pemberian sanksi bervariatif.

“Peraturan bupati itu yang menjadi landasan hukum kita. Dengan ini kita harapkan masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan,” jelasnya.

Terpisah salah seorang pengendara kendaraan  yang terjaring Operasi Yustisi, Yuliawan mengaku lupa mengenakan masker.

“Lupa pakai masker biasanya saya selalu sedia di mobil,” ucapnya usai mendapatkan sanksi fisik berupa push-up.

Pantauan portalpublik.id, rata-rata pengendara kendaraan yang terjaring Operasi Yustisi karena tidak memakai masker. Untuk pemberian sanksi mengacu kepada setiap jenis pelanggaran. Mulai dari sanksi sosial, hukuman fisik hingga denda uang, (Yd/Hem/Fa).