Akhirnya Unit Siaga SAR Beroperasi di Sumenep

  • Whatsapp
Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo

Sumenep, portalpublik.id – Karena meliputi daerah kepulauan dan sering terjadi kecelakaan transportasi laut menjadi dasar Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mengoperasikan Unit Siaga SAR di Kabupaten Sumenep.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan, dioperasikannya Unit Siaga SAR di Kabupaten Sumenep untuk memangkas waktu penanganan jika terjadi kecelakaan laut.

Bacaan Lainnya

“Kami melihat bahwasanya sering terjadi kejadian di wilayah kerja Sumenep ini. Karena Sumenep ini terdiri dari pulau-pulau,” kata Hari Adi Purnomo di Sumenep, Rabu (10/3/2021).

Ia menyebutkan, selama ini jika ada kejadian di Kabupaten Sumenep, kapal SAR masih harus menempuh jarak antara 8 hingga 10 jam untuk melakukan tindakan dan itu dinilai tidak efektif.

“Dengan berdirinya Unit Siaga SAR kami dapat lebih maksimal memberikan pelayanan jasa pencarian dan pertolongan kepada masyarakat,” harapnya.

Bupati Kabupaten Sumenep, Achmad Fauzi memberikan apresiasi atas Keberadaan Unit Siaga SAR di daerahnya. Ini akan sangat membantu jika terjadi kejadian mengingat wilayah Sumenep terdiri dari banyak pulau.

“Pemerintah daerah sudah lama menunggu Pos SAR ini di Sumenep bahkan sejak saya menjabat Wakil Bupati,” ungkap Achmad Fauzi.

Fauzi mengaku, SAR sangat dibutuhkan di daerahnya sehingga kedepan tinggal meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Daerah mengenai persoalan kecelakaan laut.

“Jadi tinggal bagaimana meningkatkan koordinasi dengan pemkab dan unsur lain. Jadi jika ada kejadian bisa dilakukan tindakan bersama,” imbuh Fauzi.

Untuk diketahui, Unit Siaga SAR Kabupaten Sumenep telah diresmikan pada 9 Maret 2021 dengan ditempatkan di Kecamatan Kalianget atau kawasan pelabuhan.