Angkat Produk Lokal, KPS Launching “Dhalem Sataretanan”

  • Whatsapp
Salah satu anggota KPS 'Soddara Dhelem Sataretanan' saat memberikan Produk hasil olahan kepada Kepala Desa Soddara

Sumenep, portalpublik.id – Kelompok Perempuan Soddara (KPS) Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar grand launching “Dhalem Sataretanan”.

“Dhalem Sataretanan” merupkan program pemberdayaaan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal dengan keterlibatan penuh masyarakat lokal.

Ketua KPS Soddara Khalilah mengatakan, program ini sebagai upaya meningkatkan potensi yang ada di desa. Dengan begitu ada efek domino terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Bahwa selama ini perempuan akan juga ikut berperan aktif demi kemajuan Desa Soddara. Pada program juga untuk mendukung kebutuhan masyarakat juga. Sekaligus sebagai bentuk pendekatan budaya dan kearifan lokal,” jelas Khalilah, Minggu (16/8/2020).

Ia menyebutkan, di Desa Soddara sudah ada produk lokal yang mulai dijalankan masyarakat, seperti jamu tradisional, kripik kelapa, dan kopi varian jahe serta cabe jamu. Melalui peluncuran “Dhalem Sataretanan” maka bisa dijadikan pintu untuk dikenalkan lebih luas.

“Tidak hanya itu KPS juga akan menambah hasil produksinya yang di ambil dari per dusun. Semua yang kami produksi murni dari hasil perempuan Soddara, dan hasil dari bumi Soddara,” tambahnya.

Sementara Sekretaris Desa Soddara Syamsul Arifin mengaku sangat mendukung dan akan memfasilitasi untuk kemajuan desa.

Menurutnya kegiatan ini akan terus dikembangkan guna dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Disisi lain dapat memperkenalkan sisi lain Desa Soddara dalam hal produk lokal.

“Kami berharap grand launcing ini sebagai awal yang positif dan mari membangun komitmen bersama dalam sebuah ekonomi mandiri demi perubahan untuk desa,” ucap Syamsul Arifin, (Wd/Hem/Fa).