Api Sudah Padam, Tim Gabungan Hentikan Pemadaman Api di Lereng Panderman

  • Whatsapp
Petugas hentikan pemadaman api di Gunung Panderman, Kota Batu.

KOTA BATU, portalpublik.id – Tim Gabungan penanganan kebakaran hutan Gunung Panderman, mulai Rabu (24/7/2019) pukul 13.00 WIB siang didemobilisasi (dikembalikan) ke instansinya masing-masing. Mereka ditarik dan dikembalikan ke instansinya masing-masing lantaran kebakaran hutan di gunung Panderman yang terjadi, Minggu (21/7/2019) malam apinya sudah padam.

Mereka yang terlibat dalam pemadaman api hutan panderman adalah BPBD kota Batu, Kodim 0818 Malang-Batu, Polres Batu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, BPBD Provinsi Jawa Timur.

Read More

Selain instansi yang juga terlibat yakni antara lain Bakorwil Malang, Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota BatuDinas Lingkungan Hidup Kota Batu,Kecamatan Batu, Perum Perhutani KPH Malang, LMDH Kota Batu, PMI Kota Batu, Tagana Kota Batu dan Garda Relawan, Anosaopel, Baskomas dan Brantas Recue.

“Ya betul, Personil dari instansi/lembaga/organisasi/ormas/relawan yang mendukung pemadaman di lokasi kebakaran mulai siang ini pukul 13.00 WIB didemobilisasi (dikembalikan) ke instansinya masing-masing,” Kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Ahmad Choirur Rochim, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, Pemadaman bara api dan pengawasan bekas kebakaran hutan akan dilaksanakan oleh Perhutani dan BPBD. Rencana pemadaman bara api dan pengwasan akan dilaksanakan sampai hari Sabtu, 27 Juli 2019.

“Usai dikembalikan, selanjutnya Akan dilaksanakan rapat koordinasi untuk evaluasi pelaksanaan penanganan darurat dan rekomendsi pasca bencana dan waktu akan ditentukan lebih lanjut,” Jelasnya.

Diterangkan Ahmad Choirur Rochim, Luas hutan/lahan Gunung Panderman yang terbakar sampai hari ke empat terjadinya kebakaran, Rabu (24/7/2019) sekitar jam 12.00 WIB sudah mencapai 70 hektar. Kebakaran itu sendiri terjadi di petak petak 227 dan 213 kawasan Perhutani Desa Pesanggrahan dan Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu Kota Batu.

“Laporan akhir hingga siang ini , petugas dari Tim Gabungan api sudah padam, Namun masih ditemukan bara api di beberapa titik yg berpotensi memunculkan api lagi jika tertiup angin kencang,” kata Ahmad Choirur Rochim.

Data dari Tim Gabungan, Luasan lahan yang terbakar 70 Ha berada di petak 227 dan 213 kawasan Perhutani Desa Pesanggrahan dan Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu Kota Batu. Sementara Jenis tanaman yang terbakar meliputi Cemara Angin, Galitus dan Perdu (semak belukar).

“Meski demikian Perlu dilakukan pemadaman bara api yg masih ada dan pengwasan bekas kebakaran hutan untuk beberapa hari ke depan,” ungkapnya.(Aw)