Awasi Kampanye di Medsos, Begini Langkah Bawaslu Sumenep

  • Whatsapp
Imam Syafi'i, Koordinator Divisi Hukum dan Humas Bawaslu Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep, Jawa Timur menyusun strategi pengawasan kegiatan kampanye peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2020 yang melalui media sosial (Medsos).

Divisi Hukum dan Humas Bawaslu Kabupaten Sumenep Imam Syafi’i menjelaskan, pengawasan di medsos perlu dilakukan karena dimungkinkan kampanye di dunia kaya akan lebih meningkat seiring pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kami juga akan memantau kegiatan kampanye di media sosial untuk memastikan tidak sampai ada pelanggaran. Cuma, kan, sekarang belum ada kampanye dan belum ada calon,” kata Imam Syafi’i, Senin (3/8/2020).

Disebutkan, sekarang desain strategi pengawasan di medsos masih dilakukan dan kemudian disosialisasikan kepada masing-masing Panwascam hingga Panwas Desa.

“Desain strategi pengawasan di medsos nanti seperti apa kemudian kami disosialisasikan. Nanti menjadi pedoman pengawasan di bawah,” terangnya.

Lebih panjut Imam Syafi’i menyatakan, untuk tim cyber Bawaslu Kabupaten Sumenep akan bekerja sama dengan pihak kepolisian. Hal itu nanti masuk dalam penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

“Kalau mengenai tim cyber, kami akan bekerjasama dengan pihak kepolisian,” jelas Imam Syafi’i.

Sesuai jadwal, Pilbup Kabupaten Sumenep akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Saat ini tahapan yang masih berjalan ialah masa pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, (Yd/Hem/Fa).