Balita 3 Tahun, Dokter dan Nakes di Sumenep Positif Covid-19

  • Whatsapp
Peta Sebaran Covid-19 Sekabupaten Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Pasien virus Corona di Kabupaten Sumenep terus meningkat. Per tanggal 24 Juni 2020 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 51 atau bertambah 14 pasien baru.

Mirisnya, dari 14 pasien baru positif virus Corona itu terdapat balita laki-laki beruur 3 tahun, seorang dokter dan tenaga kesehatan.

Read More

Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya menjelaskan, pasien yang masih balita ini merupakan hasil penyaringan di wilayah Pelabuhan Kalianget.

“Pasien nomor 44 adalah seorang balita laki-laki umur 3 tahun. Pasien ini berdomisili di Kecamatan Kalianget,” kata Ferdiansyah Tetrajaya, Rabu (24/6/2020).

Lanjut Ferdiansyah, pemeriksaan melalui rapid test kepada bersangkutan yang menunjukkan reaktif, kemudian ditindaklanjuti swab test dengan hasil terkonfirmasi Covid-19.

“Pada tanggal 5 Juni 2020 pasien dilakukan rapid test yang merupakan hasil screening di Pelabuhan Kalianget dengan hasil reaktif dan dilakukan isolasi mandiri,” paparnya.

“Tanggal 11 Juni 2020 dilakukan swab test di Labkesda Kabupaten Sumenep dan pada hari ini hasilnya keluar. Balita tersebut terkonfirmasi positif Covid-19,” imbuh Ferdiansyah.

Untuk dokter yang juga menjadi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Kota Sumenep dan bertugas di Puskesmas Bluto.

“Pasien nomor 41 seorang perempuan umur 24 tahun yang merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas Batang-Batang, domisilinya juga di Batang-Batang,” ucapnya.

Ia mengatakan, belasan pasien baru Covid-19 sekarang telah menjalani isolasi dan penanganan medis di rumah sakit.

“Kami Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep telah berupaya maksimal untuk menyediakan ruangan isolasi kepada para pasien,” pungkasnya.

Data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, 14 pasien terkonfirmasi positif virus Corona pada 24 Juni 2020, meliputi 5 orang dari Kecamatan Lenteng, 5 orang Kecamatan Kota, Kalianget 2 pasien dan masing-masing 1 orang dari Kecamatan Batuan dan Batang-Batang. (Yd/Hem/Fa)