Balita Usia 2 Tahun di Sumenep Positif Korona

  • Whatsapp
Ferdiansyah Tetrajaya, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Seorang balita berusia 2 tahun di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien berjenis kelamin perempuan ini asal Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya menjelaskan, balita ini merupakan hasil screening oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Bandara Juanda, Jawa Timur pada 18 Juli 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

“Kemudian pasien melanjutkan perjalanan. Tanggal 24 Juli 2020 sampai di Kecamatan Arjasa dan 25 Juli 2020, hasil swab positif,” jelas Ferdiansyah Tetrajaya, Senin (27/7/2020).

Untuk pasien, lanjut Ferdiansyah diharuskan melakukan isolasi mandiri secara ketat dengan pengawasan tenaga medis Puskesmas Kecamatan Arjasa.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini merupakan kasus pertama untuk di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep. Upaya mengantisipasi penularan penyisiran akan dilakukan untuk orang yang kontak erat dengan pasien.

“Setelah diketahui terkonfirmasi positif pasien diharuskan melakukan isolasi mandiri secara ketat. Ini sudah menjadi ketentuan yang harus dilakukan,” imbuhnya.

Dengan masih adanya kasus baru Covid-19, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai bagian memutus mata rantai penyebaran.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep per tanggal 26 Juli 2020 Pukul 15.00 Wib, total kasus terkonfirmasi virus corona sejumlah 194 pasien, kasus terkonfirmasi selesai isolasi atau sembuh 160 orang dan meninggal dunia 8 orang. (Yd/Hem/Fa)