Baru 30 Desa di Sumenep Ajukan Pencairan BLT Dana Desa

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Moh. Ramli

Sumenep, portalpublik.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Moh. Ramli mengungkan dari 330 desa baru 30 desa yang mengajukan pencairan khusus Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa bagi warga terdampak Covid-19.

“Bagi desa yang belum mengajukan pencairan ke rekening kas desanya dari kas negara, tidak bisa menjadwal pencairan,” kata Moh. Ramli, Kamis (30/4/2020).

Read More

Dijelaskan, pencairan BLT dari Dana Desa tergantung pada kesiapan masing-masing desa dan harus mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Daerah, dalam hal ini DPMD.

“Tapi mulai kemarin ada kesulitan untuk posting di IT-nya. Karena itu ada data yang harus di-input dulu untuk bisa melakukan pencairan,” imbuhnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep ini menyatakan, meski semua syarat telah dilakukan namun mengenai jadwal pencairan tetap ditentukan oleh pengajuan pencairan ke Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Pamekasan.

Pihaknya mengimbau, agar dalam proses pencairan BLT Dana Desa masing-masing Pemerintah Desa berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

“Semuanya harus sesuai dengan prosedur yang ada. Jadi harus juga melalui mekanisme yang berlaku,” pungkasnya, (Yd/Hem/Fa).