Baru Satu Kecamatan di Sumenep Ajukan Bantuan Air Bersih

  • Whatsapp
Masyarakat saat menerima bantuan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumenep, portalpublik.id – Dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur baru Kecamatan Batuputih yang mengajukan bantuan air bersih kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Baru Kecamatan Batuputih yang mengajukan bantuan droping air bersih ke kita. Yang Batuputih itu diperuntukkan kalau tidak salah untuk empat desa,” kata Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riadi, Minggu (13/9/2020).

Bacaan Lainnya

Rahman Riadi menyatakan, selama ini BPBD berkoordinasi dengan semua camat untuk mengkoordinir jika terdapat desa yang membutuhkan air bersih. Tujuannya agar pengajuan ke Pemerintah Daerah bisa dilakukan sekaligus.

“Pengajuan air bersih kita serahkan ke Pak Bupati. Jadi kalau tidak sekaligus tidak enak juga kita. Jadi kita menunggu yang lain agar pengajuannya bisa langsung satu kali,” paparnya.

Ia mengaku, sekarang pengajuan yang masih ditunggu ialah dari Kecamatan Pasongsongan karena daerah tersebut masuk dalam kategori kering kritis.

“Sebenarnya yang kita tunggu itu dari Kecamatan Pasongsongan. Disana seperti Desa Montorna, Desa Prancak misalnya,” ungkap Rahman Riadi.

Pada musim kemarau tahun ini BPBD Kabupaten Sumenep sebelumnya telah melakukan pemetaan daerah rawan kekeringan dan krisis air bersih. Hasil pemetaan, terdapat 32 desa dengan tersebar pada 10 kecamatan rawan mengalami kekeringan, (Yd/Hem/Fa).