Bea Cukai Madura Terus Gencarkan Sosialisasi Cukai Kepada Masyarakat

  • Whatsapp
Sosialisasi cukai

Pamekasan, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur bersama Bea Cukai Madura terus menggelar sosialisasi cukai kepada masyarakat, Kamis (16/09/2021).

Sosialisasi kali ini dilakukan kepada masyarakat di Desa Laden, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan. Tujuannya untuk membangun industri rokok yang bermutu dan bercukai di Kabupaten Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Kepala DPMD Pamekasan, Achmad Faisol mengatakan, sosialisasi upaya preventif atau pencegahan dari pemerintah bukan sebagai penindakan, sehingga diharapkan semua bisa lebih paham dengan aturan dan manfaat cukai.

“Ini untuk pemberian pemahaman kepada masyarakat. Jadi kita gencarkan sosialisasi,” kata Achmad Faisol, Kamis (16/9/2021).

Sementara Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Madura Trisilo Asih Setiawan menjelaskan pentingnya pembangunan KIHT Pamekasan sangat penting, pasalnya sebagai sentra penghasil tembakau.

Bahkan diakuinya dengan kualitas bagus dan ada sebanyak 60 pabrik produsen rokok di Kabupaten Pamekasan.

“ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan pelaku usaha industri rokok apabila bergabung dengan KIHT. Diantaranya yakni adanya pelintingan bersama, disediakan mesin linting yang bisa dipakai bersama dan lengkap terintegrasi dengan laboratorium,” ucap Trisilo Asih Setiawan.

“Jika bergabung dengan KHIT, nanti tidak ada aturan luas pabrik rokok. Kalau pabrik rokok yang mengajukan izin itu minimal luasnya 200 M2, tapi kalau gabung di KIHT itu tidak dipersoalkan lagi,” tambahnya.

Adapun yang hadir dalam  Sosialisasi, jajaran Forkopimka setempat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Instansi terkait, serta perwakilan dari Bea Cukai Madura. (Adv/Efita/Yd)