Berbuat Ikhtilat Sepasang Sejoli Dihukum Cambuk 29 kali

  • Whatsapp
Pelaku Ikhtilat, Sedang Menjalani Hukuman Cambuk di Halaman Lapas III, Abdya

Abdya – Kamis (27/2/2020) portalpublik.id – Sepasang muda-mudi, pelanggar syariat Islam dieksekusi cambuk oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

IJS (28) warga Aceh Selatan dan IA (33) warga Susoh Abdya, dicabuk setelah majelis hakim menyatakan bersalah dan terbukti melakukan jarimah ikhtilat (mesum) dengan melanggar Qanun Aceh Nomor 06 Tahun 2014 pasal 25 ayat 1 Tentang Hukum Jinayat.

Bacaan Lainnya

“ Atas perbuatan yang malanggar keduanya diganjar hukuman cambuk sebanyak 30 kali cambukan dan dipotong 1 kali karena telah menjalani masa tahan selama 4 hari, yakni 29 cambukan dihadapan umum ” kata Kajari Abdya, Nilawati melalui Kasi Pidum M. Agung Kurniawan, saat membacakan putusan.

“ Ini merupakan kali kedua pelaksanaan eksekusi cambuk yang diselenggarakan di Lembaga Permasyarakatan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 tahun 2018 ” tutur Agung Kurniawan.

Sementara Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Nyakseh SH, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Abdya mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersatu padu dalam memberikan pemahaman keagamaan, agar terhindar dari perbuatan yang melanggar hukum.

’’ dengan adanya kebersamaan yang saling mengingatkan, sehingga pada akhirnya nanti Kabupaten Abdya bisa terbebas dari kemaksiatan dan pelanggaran Syariat Islam lainnya ” kata Nyakseh.

“ Apa yang dipersaksikan hari ini adalah suatu kejadian yang tidak patut kita tiru dan contoh, bagi yang melakukan pelanggaran, agar menjadikan ini sebagai pedoman yang tidak untuk diulang lagi ” pungkas Nyakseh.

Eksekusi tersebut di laksanakan di halaman Lembaga Permusyawaratan (Lapas) III Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Abdya, yang disaksikan oleh Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Perwakilan Dandim 0110, Perwakilan Polres Abdya dan sejumlah undangan lainnya, (Robby/Rahem/Ofa)