Bupati Achmad Fauzi : Waspadai Praktik Percaloan Rekrutmen CPNS dan PPPK

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi

Sumenep, portalpublik.id – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 akan segera dibuka.

Bupati Kabupaten Sumenep, Achmad Fauzi mengingatkan agar masyarakat tidak mempercayai bujuk rayu calo dengan iming-iming bisa meloloskan. Sebab praktik percaloan kerap muncul pada momentum reskrutmen Abdi Negera tersebut.

“Jangan percaya calo, bujukan calo itu menis tapi jangan percaya. Kita Pemerintah akan terus mengingatkan itu,” ucap Achmad Fauzi, Kamis (21/5/2021).

Dijelaskan, hal yang terpenting dilakukan bagi para calon pendaftar adalah menyiapkan diri sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Sebab rekrutmen CPNS dan PPPK sama seperti sebelumnya yakni berbasis komputer.

“Sekarang kan sistem CAT, jadi gak ada calo-caloan. Jangan percaya calo makanya saya tegaskan itu. Sering saya dengar letupan-letupan bahwa dengan ini bisa dengan itu bisa, jangan percaya,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abdul Maji mengatakan, akan menindak tegas jika ada oknum ASN yang terbukti menjadi calo.

“Kalau ada ASN (menjadi calo) laporkan ke kita, kita akan tindak. Kalau terbukti ya bisa dipecat. Kalau itu bukan ASN langsung saja laporkan ke kepolisian. Kita tidak ingin ada calo,” ucap Abdul Majid.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep telah ditentukan mendapat 2.183 formasi, meliputi CPNS sebanyak 62 formasi dan PPPK 2.121 formasi. Jadwal pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK dibuka mulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021, (Yd/Hem/Fa).