Bupati Pamekasan Arahkan Penguatan Pelayanan dan Stabilitas Daerah Hingga Desa

  • Whatsapp
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam (dua dari kiri) saat komitmen peningkatan pelayanan

Pamekasan, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa timur terus mendorong berbagai program pembangunan bagi masyarakat. Bahkan secara khusus Bupati Kabupaten Pamekasan Baddrut Tamam menekankan kehadiran Pemerintah Daerah dalam setiap sendi kehidupan masyarakat melalui dua langkah jitu.

Menurutnya, langkap pertama itu yakni dengan penguatan pelayanan atau service. Artinya, setiap Aparatur Sipil Negara atau ASN harus punya semangat melayani dengan prima masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya di tingkat kabupaten peningkatan pelayanan juga harus dioptimalkan pada wilayah kelurahan maupun desa di seluruh wilayah Kecamatan Bumi Gerbang Salam. Sehingga segenap masyarakat akan sangat dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan administratif dan substantif dikesehariannya.

Lanjut Baddrut Tamam, yang kedua adalah wujudkan stabilitas daerah terutama di setiap desa dan kelurahan masing-masing. Sehingga pola komunikasi dan kerukunan elemen masyarakat akan baik untuk mendukung pembangunan daerah yang merata.

“Terutama dimasa pandemi sekarang yang dincang dengan adanya hoaks di tengah masyarakat yang juga berpengaruh pada stabilitas warga,” kata Baddrut Tamam, Senin (23/8/2021).

Ditambahkan, sikap pesimis harus dilawan dengan pola pelayanan yang baik. Bahkan harus dikuatkan dengan berbagai kemudahan yang diberikan pada masyarakat.

“Juga beri harapan yang baik, serta bisa digratiskan dalam berbagai pelayanan yang diberikan,” jelasnya.

Pihaknya berharap semua pihak setelah peningkaya. berbagai inovasi pelayanan yang dilakukan kelurahan Kecamatan Pamekasan Kota, bisa di ketuk tularkan pada desa. Baik melalui ikatan kepala desa atau Ikasa dan Persatuan Kepala Desa atau Perkasa kabupaten Pamekasan.

“Sehingga dari lembaga itulah menjadi pioner pelayanan gratis untuk desa lainnya di Bumi Gerbang Salam,” ucap Baddrut Tamam.

Salah satu pelayanan yang menurut Bupati Baddrut harus prima yakni, pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Pasalnya, mengingat begitu pentingnya data tersebut sehingga harus benar-benar merata dan menyeluruh.

“Berapa pentingnya kepemilikan KTP dan kartu identitas lainnya untuk masyarakat sebagai wujud pengakuan negara kepada penduduk dan warga negara,” tegas Bupati.

Baddrut Tamam memaparkan, semua jenis program bantuan dan pendataan dari pemerintah memerlukan data valid. Yakni diantaranya pasti akan didasarkan pada identitas kependudukan tersebut juga. (Adv/Efita/Yd)