Bupati Sumenep Resmikan Jalan Lingkar Utara

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim saat meresmikan Jalan Lingkar Utara.

Sumenep, portalpublik.id – Bupati Kabupaten Sumenep, Jawa Timur meresmikan Jalan Lingkar Utara yang menghubungkan Desa Kebunan dan Parsanga, Kecamatan Kota, Selasa (26/1/2021).

Jalan sepanjang 3,9 kilomater ini dibangun untuk petumbuhan dan percekatan ekonomi masyarakat serta bagian pemekaran kawasan kota Sumenep.

Bacaan Lainnya

“Ini sudah lama rencananya bahkan saat periode pertama saya menjabat Bupati Sumenep. Namun baru saya setujui di periode kedua karena sebelumnya masih banyak hal yang perlu diselesaikan,” kata Busyro Karim saat peresmian Jalan Lingkar Utara, Selasa (26/1/2021).

Dijelaskan, keberadaan Jalan Lingkar Utara sangat strategis, selain dapat memangkas jarak tempuh bagi masyarakat dari wilayah utara menuju timur Sumenep atau sebaliknya juga bisa mengatasi kepadatan kendaraan.

“Jadi tidak lagi harus lewat kota bisa langsung lewat jalan ini. Disini pemandangannya juga bagus karena di dataran tinggi jadi juga bisa untuk kawasan wisata,” paparnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep, Eri Susanto merincikan, sebelum pembangunan Jalan Lingkar Utara pihaknya memulai dengan pembebasan lahan pada tahun 2016 hingga 2018.

“Kemudian pembangunan jalan dimulai tahun 2019 tahap pertama dan tahap kedua di 2020. Sekarang semuanya sudah selesai,” ucap Eri Susanto.

Ia menambahkan, total anggaran yang dikeluarkan dalam protek strategis ini sekitar Rp 42 miliar. Anggaran tersebut meliputi semua aspen.

Selanjutnya, masih kata Eri Susanto ialah pembangunan fasilitas penerangan jalan umum (PJU) yang dalam hal ini menjadi ranah Dinas Perhubungan.

“Kalau yang kita sudah selesai. Tinggal PJU itu dilakukan oleh Dinas Perhubungan,” pungkasnya, (Yd/Hem/Fa).