Cegah Rokok Ilegal, Bea Cukai Madura Edukasi Masyarakat Desa Dasok Pamekasan

  • Whatsapp
Sosialisasi Bea Cukai Madura

Pamekasan portalpublik.id – Bertempat di Balai Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Bea Cukai Madura melakukan sosialisasi dan edukasi ketentuan perundang-undangan di bidang cukai kepada masyarakat, Selasa (7/9/2021).

Kasubsi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Madura, Tesar Pratama mengatakan, sosialisasi ketentuan cukai diharapkan bisa membawa dampak positif kepada masyarakat untuk lebih mengenal lebih rinci tentang rokok ilegal dan peduli tentang ketentuan cukai rokok.

Bacaan Lainnya

“Sehingga mereka bisa membedakan mana rokok yang legal dan mana yang ilegal,” kata Tesar Pratama.

Pihaknya menjelaskan, masyarakat desa perlu diberi pemahaman tentang manfaat rokok legal dan ilegal. Sebab hal tersebut akan berdampak pada tingginya pendapatan cukai kepada masyarakat itu sendiri.

“Semakin peredaran rokok ilegal dicegah, maka pendapatan cukai kepada masyarakat akan lebih dirasakan,” jelasnya.

Menurut Tesar, kegiatan sosialisasi cukaisebagai bentuk keseriusan dalam memberantas rokok ilegal di wilayah Kabupaten Pamekasan.

“Kami tim gambungan Satgas BKC ilegal kemaren lakukan razia ke sejumlah toko, alhasil 50.296 batang rokom ilegal diamankan dengan jumlah kerugian negara mencapai Rp26 juta,” ucap Tesar.

Dalam kegiatan operasi juga dilibatkan anggota Polres Pamekasan, Subdenpom V/4-3, dan Satpol PP. Dengan lokasi operasi meliputi Kecamatan Tlanakan, Pademawu, Galis, Larangan dan Kadur.

“Operasi gabungan ke pasar itu merupakan upaya pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC). Jika diketahui melanggar, mereka akan ditindak,” tegasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menurunkan angka peredaran rokok ilegal di wilayah Madura serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya rokok ilegal. Karana hal itu berdampak pada penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dimanfaatkan kepada masyarakat.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi ketentuan perundang-undangan di bidang cukai di Desa Dasok dihadiri Kabid Perekonomian, Disperindag, jajaran Forkopimcam Pademawu, pemerintah desa, BPD, kelompok Tltani, tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (Adv/Efita/Yd)