Detik-Detik Proklamasi, Warga Setia Abdya Serempak Heningkan Cipta

  • Whatsapp
Sejumlah aparatur Rambong dan unsur Muspika Setia saat menghening cipta selama 3 menit dijalan nasional Desa Rambong, 

Abdya, portalpublik.id – Pemandangan berbeda terjadi di Desa Rambong, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seluruh masyarakat termasuk pengguna jalan serempak menghentikan aktivitas untuk mengheningkan cipta tepat pukul 10.17 WIB.

Read More

Camat Setia, Raifin mengatakan, sikap mengheningkan cipta selama detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan semua pihak adalah bentuk kesadaran mengenang jasa pahlawan.

“Kita minta masyarakat, warga yang melintasi jalan nasional Desa Rambong ini untuk mengheningkan cipta sambil berdoa dengan sikap tegap sempurna memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI,” kata Raifin, Senin (17/8/2020).

Sebelumnya, Keuchik Rambong Faisal menyebutkan, pada Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia semua kegiatan diwajibkan dengan protokol kesehatan.

“Kita telah meminta seluruh aparatur Rambong wajib menggunakan masker dan mengambil sikap sempurna selama 3 menit yang ditentukan sambil berdoa mengenang detik detik Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegas Faisal.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut Faisal, sudah sesuai dengan surat Mensesneg. Bahwa semua lapisan masyarakat harus mengheningkan cipta saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun yang berlangsung ditengah pandemi virus corona maka perayaan dilakukan secara sederhana namun berlajan dengan hikmat.

“Di tengah suasana pandemi Covid-19, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI kita laksanakan dengan sederhana, namun tetap khidmat dan tertib,” pungkas Faisal. (Robi/Hem/Fa)