Dinas Peternakan Sumenep Tingkatkan Pengawasan Hewan Qurban

  • Whatsapp
Paramedis kesehatan hewan dan dokter hewan saat melaksanakan Pengawasan hewan qurban.

Sumenep, portalpublik.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur membentuk tim pengawasan hewan menjelang Idul Adha 1441 H.

Terdapat sekitar 30 orang paramedis kesehatan hewan dan 7 dokter hewan dalam tim tersebut yang nantinya disebar pada setiap kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Timnya sudah ada dan kita sudah bergerak melakukan pengawasan serta pemeriksaan hewan qurban,” kata Zulfa, Minggu (19/7/2020)

Dibentuknya tim ini sebagai bagian peningkatan pengawasan hewan qurban. Sebab sekarang sudah ada peningkatan aktivitas jual beli di masyarakat.

“Ini bentuk kesiapan kita agar pengawasan hewan qurban lebih maksimal,” paparnya.

Selain mengawasi, tim dimaksud juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana memilih hewan qurban yang layak untuk diqurbankan. Disamping itu untuk memastikan tidak ada hewan mengidap penyakit yang diperjual belikan.

Mengenai sasaran pengawasan ialah pasar hewan. Tidak hanya yang berada di kawasan kota melainkan juga kecamatan hingga pelosok.

“Kita akan sisir semua pasar di kecamatan. Sejauh ini belum ada hewan qurban khususnya sapi dan kambing yang mengidap penyakit,” pungkasnya. (Yd/Hem/Fa)