Diresmikan, Rumah Sakit Arjasa Diberi Nama RSUD Abuya Kangean

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim

Sumenep, portalpublik.id : Setelah beberapa tahun dilakukan pembangunan akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diresmikan.

RSUD yang masuk dalam kategori kelas D tersebut diberi nama Abuya Kangean. Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim dalam rangkaian Safari Kepulauan tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Busyro Karim mengatakan, keberadaan RSUD tersebut untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat kepulauan. Sehingga tindakan medis tidak perlu lagi dirujuk ke daratan.

“Ini pendekatan pelayanan. Artinya jika sejak dulu selalu semua serba kota Sumenep untuk berobat sekarang didekatkan dengan adanya rumah sakit disini,” kata Busyro Karim, Rabu (16/9/2020).

Bupati Kabupaten Sumenep dua periode ini menegaskan, untuk sebagian bangunan yang belum rampung ditargetkan harus selesai akhir Desember 2020 ini.

“Harus selesai Desember ini. Harus tepat waktu penyelesaiannya. Saya sudah bicara ke Cipta Karya karena Cipta Karya yang membangun,” sebut Busyro Karim.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep Mohammad Jakfar menyatakan, penyelesaian sisa bangunan akan rampung tepat waktu.

“Kita tidak ingin melebihi batas waktu karena rumah sakit sebagai bagian pelayanan bagi masyarakat. Kita target November selesai,” sebut Mohammad Jakfar.

Lanjut Jakfar, pembangunan RSUD Kelas D Abuya Kangean terdiri dari tiga paket dengan nilai anggaran sekitar Rp 25 miliar.

“Ada yang Rp 10 miliar, ada yang 7 dan 6 miliar. Kemajuan fisik yang Rp 10 miliar sudah 50 persen, Rp 7 miliar 38 persen dan yang Rp 6 miliar sudah 37 persen,” pungkasnya. (Yd/Hem/Fa)