Disebut Berbahasa “Tarzan” Warga Sapeken Geram 

  • Whatsapp
Salah seorang tokoh masyarakat Sapeken, Mohammad Hidayaturrahman.

Sumenep, portalpublik.id – Warga Kepulauan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dibuat geram dengan adanya pernyataan bahwa bahasa yang mereka gunakan adalah “bahasa Tarzan”.

Dalam rekaman suara berdurasi 56 detik yang beredar di media sosial dan aplikasi pesan itu diduga suara calon bupati Kabupten Sumenep, Fattah Jasin yang sedang berbincang.

Read More

Salah seorang tokoh masyarakat Sapeken, Mohammad Hidayaturrahman mengaku tidak terima dengan sebutan itu. Bahkan ia dan warga lain menuntut yang bersangkutan meminta maaf secara terbuka.

“Jadi kita tekankan kepada orang yang mengatakan seperti ini meminta maaf secara terbuka melalui media kepada masyarakat kepulauan Sapeken,” ucap Mohammad Hidayaturrahman kepada awak media, Jumat (23/10/2020).

Pria yang akrab disapa Hidayat ini menyatakan, tidak sepatutnya kalimat itu terlintar karena akan menyinggung hati masyarakat kepulauan khususnya Sapeken. Meski dalam narasinya terkesan bercanda namun Tarzan itu identik dengan primitif dan keterbelakangan.

“Masyarakat kepulauan itu sudah sangat maju. Sapeken itu sudah punya profesor doktor loh. Bahkan sudah menjadi guru besar di salah satu universitas,” jelasnya.

Ia berpesan, hentikan pikiran liar yang akibatnya membuat ada pihak yang tersinggung. Dalam kasus ini Hidayat menegaskan tidak ada kaitannya dengan tahun politik karena murni masalah ketersinggungan.

“Saya tekannya tidak ada untuk politik. Saya kelaskan Pilkada ini saya golput kok. Jadi hentikan sikap bercanda tapi menghina,” tegasnya.

Fattah Jasin sendiri sejauh ini belum bisa dikonfirmasi mengenai dugaan yang ditujukan kepada dirinya. Bahkan sejumlah media yang mencoba menghubungi belum ada tanggapan.

Terpisah Ketua Tim Pemenangan paslon Fattah Jasin-KH. Ali Fikri, Kamalil Ersyad mengaku tidak mengetahui isi rekaman yang beredar di media sosial itu.

“Saya tidak bisa berkomentar karena saya tidak tahu persis soal pernyataan itu,” ucapnya saat dihubungi awak media, (Yd/Hem/Fa).