Geram Ulah Nitizen, IDI Sumenep Bakal Laporkan Tiga Akun Medsos

  • Whatsapp
Kuasa Hukum dan Perwakilan IDI Sumenep Saat Mendatangi Polres Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Sumenep geram dengan ulah nitizen yang melakukan penghinaan penghinaan terhadap profesi dokter.

Ada tiga akun medis sosial (Medsos) Facebook yang menuliskan komentar miring tentang profesi dokter bahkan mereka juga mendoakan hal tidak pantas.

Read More

Kuasa Hukum IDI Cabang Kabupaten Sumenep Hawiyah Karim menyatakan telah melakukan konsultasi dengan kepolisian sebagai langkah pelaporan.

“Kita masih akan melengkapi berkas, jadi kita kesini (Polres Sumenep) masih dalam hal konsultasi,” kata Hawiyah Karim di Polres Sumenep, Rabu (8/7/2020).

Tiga akun medsos yang akan dilaporkan secara hukum diantaranya dengan pengguna inisial HS, IS dan AD.

“Tiga akun itu menulis kalimat yang menghina dokter dan dapat membentuk opini buruk. Kami sudah ada screenshot dari tiga akun itu,” tegasnya.

Lanjut Hawiyah, rencananya pelaporan secara resmi akan dilakukan Kamis 8 Juli 2020. Tujuannya agar ada efek jera dan menjadi pembelajaran bersama dalam menggunakan medsos.

Kasat Reskrim Polres Sumenep AKP Dhani Rahadian Basuki mengatakan, melihat kasus yang terjadi ketiga pengguna akun medsos tersebut bisa dijerat dengan Undang-Undang ITE.

“Tadi masih konsultasi bahwa ada kejadian seperti ini dan mereka ingin melaporkan. Ini pelanggaran ITE pencemaran nama baik atau profesi,” sebut Dhani Rahadian Basuki. (Hem/Fa)