Gerhana Matahari, Warga Pameķasan Menyaksikan Melalui Teleskop

  • Whatsapp
Pulahan warga menyaksikan gerhana matahari menggunakan teleskop

Pamekasan, Kamis (26/12/2019) portalpublik.id – Puluhan warga Kabupaten Pamekasan menyaksikan fenomena gerhana matahari, di area monumen Arek Lancor.

Warga tampak menyaksikan gerhana matahari melalui teleskop yang disediakan oleh salah satu komunitas falakiyah yang dipusatkan di alun-alun Kota.

Bacaan Lainnya

Kepala Laboratorium Syariah, IAIN Madura, Hosen mengatakan, gerhana matahari kali ini ada dua macam, yaitu gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari cincin. Namun, khusus masyarakat di wilayah Pamekasan hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian. Sedangkan untuk wilayah yang dekat dengan garis khatulistiwa, seperti Sulawesi, Singkawang, Pontianak dan Medan bisa menyaksikan gerhana matahari cincin.

“Gerhana kali ini terdapat dua fenomena gerhana matahari berbeda, yakni gerhana matahari cincin di daerah dekat khatulistiwa. Sementara di luar daerah itu gerhana sebagian,” kata Hosen.

Hosen melanjutkan, kontak antara piringan matahari dan piringan bulan untuk wilayah Pamekasan terjadi pukul 11.05 WIB. Sehingga para masyarakat pamekasan baru bisa menyaksikan proses gerhana dari pukul 11.05 – 14.35 Wib.

“ Tadi itu berawan, jadi hanya bisa dilihat melalui teleskop saja” pungkasnya. (Ed/Jezz)