Gubernur Khofifah Segera Lakukan Mitigasi Banjir Pamekasan

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat membagikan makanan kepada korban terdampak banjir.

Pamekasan, portalpublik.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung daerah terdampak banjir di Kabupaten Pamekasan.

Bersama Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Khofifah mendatangi Kelurahan Patemon, Kecamatan Kota Pamekasan yang merupakan kawasan terparah terdampak banjir.

Read More

“Kita memang harus lihat kembali, seperti disungai ini, kita harus melakukan pengerukan, kemudian ada tanggul yang memang bermasalah,” kata Khofifah, Sabtu (19/12/2020).

Khofifah menyatakan, nantinya Ketua Rumpun PUPR akan bertemu dengan Bupati Pamekasan guna membahas penanganan tanggul dan pengerukan sungai. Sehingga dapat segera dibenahi.

“Kita lakukan semua bersama, melalui proses secara mitigasi dan solusi secara menyeluruh,” paparnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menegaskan, segera melakukan pembenahan berkaitan dengan penanganan bencana banjir.

“Kami mulai tadi malem sudah berkeliling beberapa titik lokasi terdampak banjir terparah, yang kita utamakan adalah menyelamatkan warga terdampak,” ucap Baddrut Tamam.

Dalam bencana banjir yang terjadi, paling utama yang dilakukan ialah mengevakuasi warga terdampak. Ada sejumlah gedung pemerintah yang dimanfaatkan, salah satunya kantor kecamatan.

“Yang terpenting kesehatan mereka semua terjamin, dan kita sudah mendirikan dapur umum,” imbuhnya.

Banjir yang merendam sejumlah wilayah Kabupaten Pamekasan diakibatkan luapan air Kali Semajid dan Kali Jombang. Intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan sungai tidak mampu menampung debit air, (Efita/Fa/Red).