Hadapi Masa Mudik Lebaran, Calon Penumpang Bus dan Kapal Wajib Disterilisasi

  • Whatsapp
Bus dari luar daerah saat masuk terminal Arya Wiraraja Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Masa mudik lebaran 2020 mendapatkan perhatian lebih serius dari Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, lantaran masih berlangsungnya pandemi virus Corona.

Upaya mencegah penyebaran Covid-19 ini, semua calon penumpang yang akan masuk ke terminal Arya Wiraraja Sumenep diwajibkan melalui bilik disinfektan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep Agustiono Sulasno mengatakan, bilik disinfektan ini untuk mensterilkan semua penumpang.

” Sekarang yang masuk keterminal harus dan wajib melalui ruangan khusus tersebut. Ini untuk mensterilkan calon penumpang bus,” kata Agustiono Sulasno, Jumat (10/4/2020).

Fasilitas tersebut sebagai tambahan dari sebelumnya yang hanya dengan penyemprotan manual. Aturan lain untuk memutus mata rantai virus Corona setiap bus antar kota maupun antar provinsi diberlakukan maksimal mengangkut penumpang hanya 20 orang.

” Kami di Daerah juga harus melakukan pencegahan secara maksimal agar tidak terjadi penyebaran Corona. Kalau berkaitan dengan jangan pemudik kita hanya sebatas imbauan ” jelasnya.

Selain di terminal Arya Wiraraja, kesiapan serupa juga diberlakukan di pelabuhan Kalianget.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 4 Kalianget, Supriyanto mengaku, telah menyiapkan posko pemeriksaan kesehatan bagi semua calon penumpang. Posko itu disebar pada semua jalur penyeberangan.

” Tetap kita maksimalkan kalau pengawasan. Posko juga sudah baik di pelabuhan yang untuk antar kepulauan jauh maupun pelabuhan untuk ke pelabuhan Jangkar dan Talango ” jelas Supriyanto.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan diharapkan mampu menjadi solusi pencegahan dan antisipasi penyebaran virus Corona di Kabupaten Sumenep.

” Masyarakat juga harus terlibat aktif dengan mematuhi setiap aturan yang ditetapkan Pemerintah ” pungkas Supriyanto, (Yd/Hem/Fa).