Hari TBC Sedunia, Sumenep Bentuk Desa Siaga TBC

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah saat Launching Desa Siaga TBC

Sumenep, portalpublik.id – Peringatan Hari TBC (Tuberculosis) Sedunia pada 24 Maret 2021, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur meresmikan Desa Gujugan, Kecamatan Gapura sebagai Desa Siaga TBC.

“Kita harus memunculkan kesadaran masyarakat tentang TBC ini melalui sosialisasi secara menyeluruh, salah satu upaya kita dengan Desa Siaga TBC ini. Tujuannya agar juga dilakukan pada semua tingkatan,” kata Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Dewi Khalifah usai meresmikan Desa Siaga TBC, Rabu, 24 Maret 2021.

Read More

Lanjut Dewi Khalifah, Desa Grujugan dipilih sebagai Desa Siaga TBC pertama di Kabupaten Sumenep karena melihat adanya kasus terbaru. Hasil penyisiran di desa ini ditemukan 20 penderita.

“Namun setelah diobati sekarang hampir semua penderita di desa ini sudah mengarah kepada kesembuhan. Kedepan bagaimana desa lain juga membentuk Desa Siaga TBC,” jelasnya.

Ia menegaskan, kasus TBC menjadi hal serius di Kabupaten Sumenep karena sudah ada sekitar 1.667 kasus. Penanganan akan terus dilakukan sehingga angka kasusnya bisa terus ditekan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono mengaku, telah menjalankan berbagai program dalam penanganan kasus TBC. Selain melalui Desa Siaga juga dijalankan program pengobatan gratis kepada seluruh pasien.

“Semua pelayanan kesehatan kita siapkan untuk penanganan TBC ini. Pengawasan dilakukan secara menyeluruh agar dapat dituntaskan. Kita juga berikan obat gratis,” ucap Agus Mulyono.

Pihaknya menjamin semua pelayanan berkaitan dengan kasus TBC telah dimaksimalkan, sehingga kedepan masyarakat lebih aktif memeriksakan diri. Bagi penderita untuk mematuhi setiap ketentuan dalam proses pengobatan.

“Pemerintah daerah menjamin ketersediaan obat untuk TBC ini. Daerah penanganan mencakup semua wilayah baik di daratan maupun kepulauan,” papar Agus Mulyono.

Untuk diketahui, Desa Grujugan menjadi desa pertama yang ditetapkan sebagai Desa Siaga TBC di Kabupaten Sumenep. Kedepan desa lain juga diarahkan membentuk langkah serupa untuk penanganan dan pencegahan secara masif terhadap kasus TBC. (Yd/Hem/Fa)