Imbas Covid-19, Okupansi Hotel di Sumenep Menurun

  • Whatsapp
Simbolis "Kota Keris" Kabupaten Sumenep, Madura

Sumenep, (20/03/2020) portalpublik.id – Kasus virus corona atau covid-19 yang terjadi pada sejumlah daerah di tanah air berimbas bagi Kabupaten Sumenep khususnya dalam sektor perhotelan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumenep M. Yusli mengaku meski di daerahnya tidak ada kasus corona namun berimbasnya sangat terasa, seperti menyusutnya jumlah tamu.

Read More

“Okupansi menurun bahkan tamu dari luar kota belum ada. Kalau dampaknya jelas bagi kami tamu yang datang kenurun,” ungkap M Yusli, Jumat (20/3/2020).

Sejak satu bulan terakhir rata-rata okupansi hotel di daerah berjuluk Kota Keris ini mengalami penurunan cukup signifikan. Bahkan sejumlah kegiatan yang rencana ditempatkan di hotel banyak diundur menunggu kasus Covid-19 selesai.

“Ada yang 20 persen ada juga sampai yang 50 persen penurunannya, kalau seperti acara kedinasan yang ditempatkan di hotel juga belum ada,” imbuhnya.

Dalam upaya pencegahan, ia telah melakukan koordinasi dengan para pengelola hotel agar meningkatkan pengawasan terhadap setiap tamu yang datang. Disamping memaksimalkan fasilitas kesehatan agar antisipasi mampu terlaksana secara maksimal, (Yd/Hem/Fa).