Imbas Pandemi Covid-19 Kasus Pencurian di Sumenep Meningkat Tajam

  • Whatsapp
Kapolres Sumenep, AKBP Darman.

Sumenep, portalpublik.id – Kasus tindak kriminal pencurian di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengalami peningkatan sejak pandemi Covid-19 atau 2020 ini jika dibandingkan dengan 2019 lalu.

Data Polres Sumenep, kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di 2019 sebanyak 36 kasus sedangkan 2020 menjadi 46 kasus. Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) 2019 pada 51 kasus sedangkan 2020 meningkat jadi 61 kasus. Sedangkan pencurian dengan kekerasan (curas) naik menjadi 6 kasus dari tahun sebelumnya 5 kasus.

Bacaan Lainnya

Kapolres Sumenep, AKBP Darman menyatakan, meningkatnya kasus pencurian salah satunya dampak faktor ekomoni. Karena di tahun ini perekonomian menurun imbas pandemi virus corona.

“Makanya banyak kasus pencurian yang meningkat signifikan,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Darman saat ungkap kasus selama 2020, Selasa (29/12/2020).

Masih sesuai data Polres Sumenep, selain curat, curanmor dan curas, kasus pencurian lain yang meningkat ialah pencurian biasa. Jika di tahun lalu 32 kasus tahun 2020 ini melonjak menjadi 39 kasus. Sedangkan pencurian ringan saat ini 20 kasus tahun lalu 10 kasus.

Darman menyebutkan, para tersangka nekat melakukan aksi pencurian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab selama pandemi pendapatan mereka menurun drastis.

“Kasus-kasus itu memang mendominasi untuk tahun 2020 ini,” tegasnya.

Darman berharap, tahun depan ekonomi dapat kembali normal sehingga dapat berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Tentunya kondisi itu juga berimbas terhadap potensi penurunan kasus pencurian, (Yd/Hem/Fa).