Inovatif, Hidroponik Selamatkan Kelurahan Bangselok Dari Kumuh

  • Whatsapp

Sumenep, Portalpublik.id – Bangselok adalah salah-satu Kelurahan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Biasanya lingkungan perkotaan identik dengan kata kumuh dengan padatnya pemukiman atau lahan sempit, namun tidak untuk kelurahan Bangselok yang dinakhodai Mohammad Fajar Hidayat, S.IP, MM.

Salah-satu upaya untuk menepis predikat kumuh, Kelurahan ini membuat ruang tebuka hijau berupa tanaman dengan sitem hidroponik, yang berpusat di 10 RT, dengan total titik tanam sebanyak 4.424.
Hal itu menjadikan Kelurahan Bangselok dijadikan Pilot Project atau percontohan program ruang terbuka hijau dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.
“ Kami menyadari Bangselok selalu diidentikkan dengan kumuh, tapi Al-hamdulillah dengan bersama-sama warga kami, lambat laun kumuh berkurang, dan saat ini hampir tidak kumuh lagi, salah-satunya dengan membuat ruang tebuka hijau berupa tanaman dengan sitem hidroponik ini “ kata Lurah Fajar.
Tidak-tanggung-tanggung, dua tahun terakhir berkat tangan dingin Lurah Muda ini Kelurahan Bangselok mendapat penghargaan atau kenaikan status. Pada Tahun 2018 menyandang predikat sebagai kelurahan Berseri Pratama, dan pada Tahun 2019, meningkat menjadi kelurahan Berseri Madya. Dua status ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“ Target yg ingin kami capai adalah realisasi Program Kelurahan Bangselok “Bertaring”. Bersih, Tertata, dan Rindang, yang tujuan akhirnya untuk mengentaskan Kelurahan Bangselok dari status kumuh” tambah Lurah Fajar.

Bahkan menurutnya, pada pertengahan Bulan Desember ini (15/12/2019), akan digelar panen bersama disertai dengan Lomba Fotografi.(Rh)