Jelang Pilkada Serentak 2020, KPK Ingatkan ASN Netral

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron

Sumenep, portalpublik.id : Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

“ASN sebagai aparatur negara itu harus netral tidak boleh berpihak kepada siapapun. Jadi ASN harus tetap netral,” kata Nurul Ghufron saat kunjungan kerja ke Kabupaten Sumenep, Senin (28/9/2020)

Read More

Nurul Ghufron menjelaskan, ASN harus netral karena bertugas menjamin penyelenggaraan pemerintahan termasuk penyelenggaraan Pilkada. Sehingga tidak ada alasan bagi abdi negara ini untuk berpihak kepada salah-satu calon.

“Netralitas ASN dalam dunia politik sangat penting dijaga. Karena ASN menjamin penyelenggaraan pemerintahan dan Pilkada,” jelasnya.

Menurut Nurul Ghufron, untuk di Kabupaten Sumenep yang menjadi salah satu daerah penyelenggara Pilkada 2020, pihaknya belum menemukan adanya ASN melanggar ketentuan dimaksud.

“Disini (Sumenep) kami belum menemukam keterlibatan ASN dalam Pilkada,” ungkap Nurul Ghufron.

Untuk diketahui, pada pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Sumenep ada dua pasangan calon yang berkontestasi. Yaitu Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan Fattah Jasin-Ali Fikri, (Yd/Hem/Fa).