Kabar Gembira, Dua Pasien di Sumenep Sembuh dari Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, Busyro Karim.

Sumenep, portalpublik.id – Kabar baik datang dari Kabupaten Sumenep. Dua pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur dinyatakan sembuh, Selasa (2/6/2020).

Dua pasien yang dinyatakan sembuh tersebut merupakan klaster Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang mengikuti pelatihan di Surabaya pada Maret 2020 lalu.

Read More

Ketua Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr Andre Dwi Wahyudi menyatakan, selama menjalani perawatan, mereka menjalani enam kali swab test.

“Swab test itu kita lakukan sesuai dengan prosedur untuk memastikan mereka benar-benar sudah negatif dari virus Corona,” kata dr. Andre Dwi Wahyudi, Selasa (2/6/2020).

Meski telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan, kedua pasien itu harus tetap menjalani isolasi secara mandiri setidaknya 14 hari. Langkah itu dilakukan untuk benar-benar mereka bebas Covid-19.

Diakui, obat yang diberikan kepada pasien, baik yang dirawat di Jakarta maupun Sumenep sama saja. Hanya saja yang membedakan adalah respon dari masing-masing pasien.

“Dari tes swab yang pertama, kita nunggunya 14 hari untuk dilakukan swab lagi. Kita tidak ingin berspekulasi. Karena memang semuanya ngirim ke Surabaya. Jadi antrinya ribuan. Andai setiap tiga hari hasil swabnya keluar, pasien bisa cepat pulang,” jelasnya disela-sela pemulangan pasien.

Dengan sembuhnya dua orang itu menjadikan kasus pasien bebas dari virus Corona di Kabupaten Sumenep menjadi empat orang.

Sedangkan untuk pasien yang masih menjalani perawatan terdapat tujuh orang. Enam pasien dirawat di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dan satu lainnya berada pada salah satu rumah sakit di Surabaya. (Yd/Hem/Fa).