Kesulitan, Pemadaman Kebakaran Hutan Panderman Rencana lewat Udara

  • Whatsapp
Kebakaran Hutan Gunung Panderman Kota Batu, Jawa Timur.

KOTA BATU, portalpublik.id  – Tim Gabungan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Panderman Kota Batu, Jawa Timur yang berada di lokasi kebakaran hutan Gunung Panderman sisi timur kesulitan padamkan api. Hari kedua, Senin (22/7/2019) siang, api terus membara kemana-mana, berdasarkan data dari Perhutani sedikitnya ada 22 hektar hutan yang terbakar.

Jika kondisi ini terus parah kemungkinan besar pemadaman akan dilakukan melalui udara. Hal itu dimaksudkan untuk menjangkau titik api yang tidak dapat dijangkau oleh petugas tim gabungan.

Bacaan Lainnya

Ada tiga titik api yang harus segera diatasi sedangkan kendalanya adalah jumlah tim gabungan yang diterjunkan padamkan api sangat terbatas yaitu sekitar 100 personil.

Kepala seksi Kedaruratan dan logistik Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu Ahmad Choirur Rochim mengatakan, BPBD sebagai memegang fungsi koordinator dan komando mengoptimalkan sumberdaya manusia yang ada. artinya pemadaman untuk sementara masih menggunakan peralatan manual.

“Bila nantinya diperlukan penambahan sarana dan prasarana maka Penyiraman dari udara dapat dilakukan oleh TNI Angkatan Udara, BPBD Provinsi Jatim pun turut mendukung upaya pemadaman lewat udara,” kata Dia.

Namun demikian pihaknya optimis, api dapat dipadamkan, perlu pembasahan atau tim menjaga bara api sampai padam. jika tidak bisa menggunakan cangkul.

“Karena terpantau ada 3 titik api maka dilakukan pembagian tim serta tugas masing-masing. Saat ini Tim Gabungan dibagi menjadi 3 tim untuk melakukan upaya pemadaman kebakaran dan penyisiran pendaki,” jelasnya.(Aw)