KPU Sumenep Larang Paslon Bawa Massa saat Mendaftar

  • Whatsapp
Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rafiqi.

Sumenep, portalpublik.id – Karena pandemi virus korona, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengeluarkan ketentuan bagi pasangan calon (Paslon) yang ingin mendaftar sebagai peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2020.

“Tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Jadi paslon tidak boleh membawa massa banyak. Tidak boleh ada tim hore,” kata Komisioner KPU Kabupaten Sumenep Rafiqi, Jumat (4/9/2020).

Read More

Ia menyebutkan, sesuai ketentuan, saat pendaftaran paslon hanya boleh didampingi ketua dan sekretaris Parpol pengusung serta tim pemenangan.

“Hanya ketua dan sekretaris parpol pengusung, kandidat sendiri dan tim. Tidak boleh banyak. Kita batasi,” paparnya.

Rafiqi menegaskan, ketentuan tersebut harus dipatuhi semua pihak, karena KPU tidak ingin terjadi penyebaran virus korona dalam setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilbup 9 Desember 2020 mendatang.

Lebih lanjut Rafiqi mengatakan, masa pendaftaran peserta Pilbup Kabupaten Sumenep hanya tiga hari, yaitu mulai tanggal 4 hingga 6 September 2020. Kemudian tanggal 7 dan 8 September dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan di RSAL Surabaya. Sedangkan penetapan dilaksanakan dua minggu berikutnya.

“Setiap ketentuan dalam hal pencegahan penularan korona harus dipatuhi oleh semua. Kita ketat dalam hal tersebut. Ketentuan sudah ada jadi harus dipatuhi,” tegas Rafiqi. (Yd/Hem/Fa)