KPU Sumenep Optimis Partisipasi Pemilih Pilbup Tinggi

  • Whatsapp
A. Warits, Ketua KPU Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep optimis partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020 tinggi.

Meski Pilbup akan terlaksana ditengah pandemi virus Corona, namun upaya meningkatkan pemilih menggunakan hak suara akan dimaksimalkan.

Read More

“Tentu kita harus optimis. Mudah-mudahan partisipasi pemilih di Sumenep tinggi,” kata Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warits, Senin (29/6/2020).

Ia menjelaskan, optimisme partisipasi masyarakat itu mengacu kepada pelaksanaan Pemilu di negara lain. Bahwa pandemi Covid-19 tidak mengutangi antusias pemilih.

“Di beberapa negara, menurut informasi yang saya baca, pemilihan saat pandemi partisipasi malah tinggi. Semoga Sumenep juga sama,” harapnya.

Diakui, untuk harapan dimaksud banyak langkah yang akan dilakukan KPU termasuk meningkatkan sosialisasi meski dengan protokol kesehatan.

Paling penting kesadaran dan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyukseskan Pilbup yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

“Karena kita sekarang diingatkan oleh pandemi ini untuk saling bergotong royong dan guyup, Pilbup tahun ini juga berlangsung guyup dan bisa gotong royong. Sehingga orang memiliki kehendak yang baik, ingin berpartisipasi, mengawasi, membantu dan sebagainya,” jelasnya.

Sebelum ada pandemi, Pilbup Kabupaten Sumenep 2020, KPU menargetkan partisipasi pemilih mencapai angka sekitar 70 persen dari jumlah hak pilih, (Yd/Hem/Fa).