KSOP Kalianget Hanya Izinkan Kapal Angkut Warga Pulang Kampung

  • Whatsapp
Angkutan Laut di Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kalianget mengeluarkan kebijakan berkaitan dengan status Kabupaten Sumenep zona merah Covid-19. Aktivitas kapal penumpang tidak sepenuhnya ditutup melainkan ada pemberlakukan kriteria.

Petugas Bagian Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Kelas IV Kalianget Edy Sucipto mengatakan, sesuai kebijakan yang telah dibuat, pemberangkatkan kapal hanya berlaku bagi yang mengangkut penumpang dengan status pulang kampung, bukan mudik.

Read More

” Kebijakan tetap memberangkatkan kapal yang mengangkut penumpang yang statusnya pulang kampung, bukan pulang mudik ” kata Edy Sucipto, Rabu (29/4/2020).

Kebijakan ini dikeluarkan agar tidak ada calon penumpang tertahan mengingat Pelabuhan Kalianget menjadi akses utama antar pulau.

“Apabila kami melarang aktivitas pelayaran 100 persen, maka akan melahirkan dampak kurang enak kepada masyarakat kepulauan,” imbuhnya.

Upaya pencegahan penyebaran virus Corona, KSOP Kalianget telah berkoodinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan.

“Masalah jarak, kami sudah koordinasi dengan nakhoda dan ABK (DBS I yang tetap beroperasi mengangkut penumpang) agar sambil berjalan sambil ditata,” jelas Edy.

Diakui, bulan Ramadhan kali ini calon penumpang kapal melalui Pelabuhan Kalianget tidak sepadat tahun lalu. Kondisi ini diperkirakan juga akan terjadi hingga mendekati Idul Fitri.

Menurunnya kepadatan calon penumpang disebabkan adanya pembatasan aktivitas masyarakat oleh Pemerintah sebagai bagian upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, (Yd/Hem/Fa)